Nilai - nilai dasar

Untuk mewujudkan cita-cita di atas, seluruh sivitas akademika MAN Insan Cendekia harus menjunjung tinggi nilai-nilai utama (core values) sebagai berikut:

Iman dan Taqwa

Pendidik, tenaga kependidikan, peserta didik, dan warga MAN Insan Cendekia lainnya senantiasa menjunjung tinggi prinsip-prinsip keimanan dan ketaqwaan, serta menjadikan Iman dan taqwa menjadi ruh kehidupan dan perjuangannya.

Kejujuran (Honesty)

Seluruh pendidik, tenaga kependidikan, peserta didik, dan warga MAN Insan Cendekia harus senantiasa menunjukkan sikap tulus ikhlas dan jujur dalam segala tindakannya, menjunjung tinggi kebenaran baik terhadap diri sendiri maupun orang lain. Dan menjunjung tinggi nilai-nilai budaya daerah (local wisdom) yang ada di wilayah keberadaan MAN Insan Cendekia.

Komitmen (Commitment)

Proses pendidikan dan pembelajaran MAN Insan Cendekia dirancang untuk menumbuhkan komitmennya dalam mengembangkan sifat istiqomah, tekun, sabar, ulet, dan gigih dalam berusaha mencapai suatu tujuan. Pendidk dan tenaga kependidikan menunjukkan etos kerja, produktivitas, kreativitas, dan inisiatif yang tinggi dalam rangka mewujudkan pencapaian tujuan pendidikan menunjukkan semangat tak kenal lelah dalam berusaha mencapai cita-cita.

Peduli dan Menghargai (Care and Respect)

Pendidik, tenaga kependidikan, peserta didik, dan warga MAN Insan Cendekia hormat-menghormati, menjunjung tinggi ajaran Islam rahmatan lil’alamin, menunjukkan solidarias yang tinggi, dan menghargai terhadap orang lain.

Keingintahuan (Curiosity)

Pendidik, tenaga kependidikan, peserta didik, dan warga MAN Insan Cendekia senantiasa menghargai dan selalu menumbuh-kembangkan rasa ingin tahu para peserta didik tentang berbagai pengetahuan dan teknologi baru yang bermanfaat untuk meningkatkan kapasitas profesionalnya, yang disalurkan melalui kegiatan belajar dan pembelajaran.

Keberanian (Courage)

Proses pendidikan dan pembelajaran MAN Insan Cendekia dirancang untuk menumbuh kembangkan sifat berani kepada peserta didik untuk melakukan inisiatif, mampu menilai mana yang benar dan mana yang salah sebagai dasar untuk melakukan tindakan.

Kemandirian (Independence)

Proses interaksi seluruh pendidik, tenaga kependidikan, peserta didik dan warga MAN Insan Cendekia dalam proses pembelajaran, proses komunikasi dan interaksi sosial harus menumbuhkan kemandirian agar peserta didik menjadi manusia yang berdikari (self-supporting), tidak tergantung pada orang lain atau kondisi-kondisi yang membatasi dirinya dalam mewujudkan keinginannya.

Kesederhanaan (Simplicity)

Keseluruhan kehidupan kampus MAN Insan Cendekia menumbuhkan dan menghargai prilaku sederhana seluruh warganya, dan tidak dapat mentoleransi perilaku yang berlebihan (excessive) atau tidak proposional. Kesederhanaan tercermin dalam cara berpakaian, cara makan, perilaku dan tutur kata.