Juara SMA 4 PLG

Madrasah Unggulan Nasional, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) kembali siswanya memborong Juara di event tahunan SMA Negeri 4 Palembang Agent Compas Part II yang bertemakan “Fair Intelligent Competition Pasti SMANEPA”, Minggu (21/1).

Kepala MAN IC OKI H. Kiagus Faisal, S.Ag., M.Pd.I menyatakan bahwa bangga terhadap siswanya telah meraih Juara di event SMAN 4 Palembang tersebut.

“Syukur Alhamdulillah, Luar biasa siswa/i MAN IC OKI kembali mengharumkan nama madrasah dengan memborong banyak prestasi di berbagai macam lomba salah satunya mendominasikan Lomba Cerdas Cermat (LCC)”, Ujar Faisal.

Faisal mengatakan bahwa prestasi tersebut diantaranya Juara 1 LCC Pengetahuan Umum atas nama Adisyah Rizki Anggraini, Muhammad Farhan dan M. Labib Alfaraby. Juara 2 LCC Pengetahuan Umum atas nama Anindita Nanda Wiguna, Wardatus Sholihah dan Liwaul Hamdi.

Juara 3 Baca Puisi atas nama Adzkiya Safitri, Juara 3 Speech atas nama Tazkia Vidini Caya, dan yang terakhir Juara Harapan 3 Baca UUD 1945 atas nama Adzkiya Safitri.

“Prestasi yang terus bertambah ini merupakan suatu penyemangat bagi siswa untuk terus mencari prestasi baik Tingkat Kab/Kota, Provinsi, Nasional bahkan Nasional”, Jelas Faisal.

Faisal juga menjelaskan bahwa MAN IC OKI juga akan membuka Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) Tahun Pelajaran 2018/2019. Pendaftaran SNPDB ini akan dibuka secara online pada 1 – 28 Februari 2018 di website www.insancendekia-oki.sch.id.

Kita akan memulai pembukaan SNPDB diawal bulan depan melalui website kami dan akan menerima peserta didik baru hanya sebanyak 96 siswa,” ungkap Faisal. Ditambahkannya bahwa pada tahun ini, MAN IC OKI juga menerima pendaftar siswa internasional melalui jalur luar negeri selain juga melalui jalur tes dan prestasi. Diantara negara yang ditargetkan adalah Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura, Thailand, dan Filipina.

Persyaratan online untuk SNPDB meliputi pas foto 3x4 format JPEG ukuran maksimal 300 kb, raport semester 1 s.d 5 yang telah dilegalisir, surat rekomendasi dari kepala MTs/SMP, akte kelahiran, piagam prestasi (bagi yang mempunyai) dan bagi calon peserta didik dari keluarga kurang mampu secara ekonomi menyertakan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) atau Kartu Program Keluarga Harapan (PKH) atau Kartu Indonesia Pintar (KIP) saat mendaftar.

Apabila calon siswa mengalami kesulitan mendaftar online, calon siswa bisa langsung membawa berkasnya ke tim sekretariatan MAN IC OKI. Faisal juga menjelaskan MAN IC OKI mempunyai sejumlah program unggulan diantaranya IPTEK dan Sains (Olimpiade), wajib penerapan bahasa asing (Arab dan English Day). Untuk program unggulan keasramaan atau IMTAK meliputi klinik mata pelajaran, muhadhoroh, tahfiz, pembelajaran kitab kuning (tafsir, hadis, fiqih). MAN IC OKI mewajibkan siswanya untuk tinggal di asrama atau boarding school. (Tito)