kakanwil SNPDB

Palembang, Inmas.

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) H.M Alfajri Zabidi, S.Pd.,MM.M.Pd.I membuka secara resmi kegiatan Tes Tertulis Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) Madrasah Aiyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) yang berlokasi Tes di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Palembang, Sabtu (24/3).

"Ikuti test dengan tenang dan fokus, yakinlah apa yang anak-anak telah siapkan hari ini adalah penentunya. Pelaksanaan seleksi SNPDB ini juga tentunya sangat objektif dan transparan," kata Fajri saat memberikan arahan dihadapan siswa peserta SNPDB MAN IC.

Fajri juga mengingatkan kepada seluruh peserta SNPDB jika tidak berhasil lulus tes di MAN IC untuk tidak berkecil hati. Karena masih bisa mendaftar di MAN lain yang ada di Sumsel.

"Saya ingatkan kepada kalian semua agar apapun nanti hasil tesnya ya itulah yang terbaik. Kalaupun tidak lulus jangan berkecil hati, masih bisa mendaftar di MAN lain di Sumsel," papar Fajri.

Proses Tes Tertulis ini dipantau langsung oleh Panitia Kemenag RI, Institut Assesment Indonesia (IAI), Tim Kanwil Kemenag Sumsel.

Kegiatan pembukaan ini juga dihadiri oleh Kabag TU Kemenag Sumsel, Drs. H. Paidol Barokat, M.Pd.I, Kabid Penmad Kemenag Sumsel Drs. H. Khusrin, Kasi Kesiswaan Kemenag Sumsel Dra. Hj. Tati, M.Pd dan Kakan Kemenag OKI H.M Arkan Nurwahiddin, M.Pd.I.

Kepala MAN IC OKI H. Kiagus Faisal, S.Ag., M.Pd.I menerangkan bahwa setelah dilakukan tes tertulis tersebut Lembar Jawaban Komputer (LJK) langsung dibawa ke Jakarta dan soal ujian tertulis langsung dilakukan pemusnahan naskah soal yang disaksikan pihak Direktorat Kemenag RI dan Kanwil Kemenag Sumsel.

Penyeleksian SNPDB MAN IC 2018 ini merupakan kewenangan penuh Direktorat Pendidikan Madrasah Kemenag RI dan pihak MAN IC masing-masing daerah hanya menerima hasil seleksi dari Pusat.

Faisal juga mengatakan untuk hasil ujian tes tertulis ini akan diumumkan pada 19 April 2018.

“Kuota 96 siswa yang akan diterima. Insya Allah hasil tes tertulis ini akan diumumkan pada 19 April 2018 di website www.insancendekia-oki.sch.id “, Ujar Faisal.

Faisal berharap agar peserta ujian tulis SNPDB MAN IC 2018 ini bisa mengerjakan soal-soal dengan baik, sportif, dan jujur. Karena, lanjut Faisal, ujian ini merupakan awal memasuki dunia prestasi dan kejujuran di MAN Insan Cendekia. (Tito)