WhatsApp Image 2018 04 13 at 21.20.54

Palembang, Inmas.

Sebanyak 9 Guru Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) menerima sertifikat pendidik setelah dinyatakan lulus Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) tahun 2017 lalu. Penyerahan sertifikat pendidik dilakukan Mustofa Fahmi, , S.Pd, M.Ed Kepala Seksi Bina Guru Madrasah Ibtidaiyah dan Madrasah Tsanawiyah Subdirektorat Bina Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah Ibtidaiyah dan Madrasah Tsanawiyah Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah Kemenag RI didampingi oleh Kabid Penmad Kemenag Sumsel Drs. H. Khusrin di Hotel 101 Palembang, Jumat (13/4).

Ke 9 Guru MAN IC OKI tersebut yakni, Ery Fransiska, M.Pd.I Mapel Aqidah Akhlak, Moh. Sobari, S.Pd.I Mapel Fiqih, Umi Nadifah, S.Pd dan M. Zainuddin, S.Si Mapel Biologi, Andarusni Mapel Pkn, Kgs. Reza Usman, S.Pd Mapel Seni Budaya, Syahril Aquari, LC Mapel Bahasa Arab, Siska Ningsih, M.Pd, Haekal Randi Hasyim mapel Al Quran Hadist.

Fahmi menyatakan, untuk meningkatkan mutu pendidikan tidak cukup hanya menyediakan seperangkat materi akademik dan sarana prasarananya saja. Namun disisi lain harus dipersiapkan sumber daya manuasianya dalam hal ini adalah tenaga pendidik melalui program sertifikasi. Sesuai Undang Undang Guru dan Dosen disebutkan, pengakuan guru sebagai tenaga profesional dibuktikan dengan sertifikat pendidik.

”Sertifikasi bagi semua guru merupakan sesuatu yang wajib dilaksanakan demi peningkatan mutu pendidikan. Oleh karena itu, pada kesempatan ini saya ucapkan selamat kepada para guru yang telah lulus sertifikasi tahun 2017 sekaligus saya kukuhkan sebagai guru profesional dengan menerima sertifikat pendidik,” jelasnya.

Sebagai seorang profesional, guru diwajibkan menguasai empat kompetensi. Yakni, kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional.

Disamping itu, agar dapat menjadi seorang yang profesional maka guru harus memiliki seperangkat pengetahuan, keterampilan, dan perilaku yang terpuji. Hal ini diharapkan agar guru mampu menguasai, menghayati, dan melaksanakan tugasnya sebagai pendidik dengan baik. (Tito)