kartini

Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) turut memeriahkan peringatan Hari Kartini dengan menggelar Apel Pagi , Sebelum pelaksanaan Ujian Karya Tulis Ilmiah (KTI) kelas XI, Senin (23/4).

Kegiatan Apel Hari Kartini ini diikuti oleh seluruh siswa Kelas X, XI, Guru dan Pegawai MAN IC OKI di Lapangan Kampus MAN IC OKI.

Kepala MAN IC OKI H. Kiagus Faisal, S.Ag., M.Pd.I mengatakan tujuan diadakannya Apel ini selain dalam rangka memperingati hari Kartini, mengingat kembali perjuangan Kartini dalam memperjuangkan perempuan, terutama dalam hal pendidikan. Kegiatan ini juga dilakukan untuk memupuk semangat para siswa-siswi kelas X dan XI MAN IC OKI untuk meningkatkan rasa nasionalisme di dalam civitas MAN IC OKI.”Ujar Faisal

Lanjutnya dalam Apel peingatan Kartini ini, Guru, pegawai dan siswa perempuan menggunakan pakaian nuansa kartini masa kini. Seperti di ketahui, Kartini semasa jaman penjajahan memang tidak ikut bertarung di medang perang , namun memiliki peran besar untuk mengangkat derajat kaum wanita saat itu agar di sejajarkan dengan kaum pria terutama dalam hal memperoleh pendidikan. Sedangkan peserta apel Pria menggunakan baju batik.

Faisal juga mengatakan dengan memperingati Hari kartini hendaknya dapat menularkan kesadaran kaum perempuan dengan pemberdayaan diri perempuan Indonesia. Artinya perempuan Indonesia harus lebih percaya diri dan harus bisa menggali potensi diri sendiri untuk dapat mengambil nilai-nilai yang sudah diperjuangkan RA. Kartini lebih kepada perwujudannya, sehingga bisa ditularkan kepada perempuan lain dan menjadi motivasi serta inspirasi. (Tito)