ksm provinsi

Palembang, Inmas

Kontingen Kementerian Agama Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) sukses menyabet Juara Umum di Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2018.

Ajang tahunan ini berhasil membawa Kontingen OKI ke Juara umum yang hampir keseluruhan didominasi dari Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) OKI.

Kepala Kemenag Kab. OKI H. M. Arkan Nurwahiddin, M.Pd.I mengucapkan selamat kepada siswa dan pendamping yang telah mengharumkan nama Kab. OKI di KSM Tingkat Provinsi Sumsel ini.

“Alhamdulillah, Selamat kepada Tim Kontingen OKI yang sudah kompak dan kerja keras dengan hasil yang dicapai sebagai Juara Umum KSM Provinsi Sumsel”, Ujar Arkan.

MAN IC OKI berhasil mengumpulkan medali terbanyak, yakni 7 medali terdiri 3 medali emas, 3 medali perak, dan 1 medali perunggu. Ke 7 peraih medali tersebut diantaranya yakni Juara 1 Biologi atas nama Nabilah Karimah, Juara 1 Kimia atas nama Gading Widiansyah, Juara 1 Ekonomi atas nama Ali Kifayatullah, Juara 2 Kimia atas nama Hanif Asyhuri, Juara 2 Ekonomi atas nama M. Fadhil Mahendra, Juara 2 Geografi atas nama Aulia Afifatuz Zulfa dan Juara 3 Biologi atas nama Toyip Aprio A.

Kegiatan ini diikuti oleh siswa/i madrasah baik negeri maupun swasta se-Sumatera Selatan, dari tingkat Madrasah Ibtidaiyah(MI), Madrasah Tsanawiyah(MTs), sampai Madrasah Aliyah(MA). Berlangsung pada Rabu, (25/7) di MTsN 2 Palembang dan MAN 3 Palembang.

Kepala Kantor Wilayah Kemenag Sumsel yang diwakili oleh Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kemenag Sumsel Drs. H. Khusrin dalam penutupan mengatakan menyambut baik capaian prestasi para siswa madrasah ini.

Selamat pada siswa/i madrasah yang telah berhasil raih prestasi, semoga prestasi ini bisa dipertahankan dan dikembangkan,”ujarnya, usai penyerahan tropy kepada para juara KSM, di Aula MAN 3 Palembang.

Kepala MAN IC OKI H. Kiagus Faisal, S.Ag., M.Pd.I menuturkan, keberhasilan MAN IC OKI dalam KSM 2018 Tingkat Provinsi Sumsel ini, hingga meraih juara umum merupakan buah dari pembinaan yang rutin dan berkesinambungan dari madrasah.

Selain itu Faisal menambahkan, tekad dan kerja keras seluruh civitas akademika untuk memberikan yang terbaik menjadikan capaian 7 medali pada tahun ini.

“Sebuah prestasi yang patut diapresiasi, ini merupakan suatu kekompakan civitas akademika yang menghasilkan prestasi-prestasi yang membanggakan, “ujarnya.

Faisal berharap agar 3 siswa MAN IC OKI yang telah meraih medali emas dan menjadi wakil Provinsi Sumsel, juga bisa meraih medali emas tingkat nasional. Ia juga menyampaikan, pihaknya terus berusaha dan menyiapkan kader-kader yang siap mengikuti kompetisi semacam ini. (Tito)