film guru

Surabaya, Inmas.

Video karya siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) meraih gelar Juara Favorit Lomba Iklan Layanan Masyarakat Tingkat Nasional. Penghargaan ini diberikan Menag Lukman Hakim Saifuddin pada acara Anugerah Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah Berprestasi Tahun 2018 di Surabaya, Minggu (25/11).

Lomba Iklan Layanan Masyarakat Tingkat Nasional digelar bersamaan Hari Guru Nasional 2018. Tim video film pendek MAN IC OKI terdiri dari: M. Furqan Nazuli, Ariba B, dan Rifa. Selaku guru pembimbing adalah Cipto Kurniawan, S.Kom, Robi Maulidinsyah, M.Pd dan Muhammad Mufarrikhin, S.Pd.

Video MAN IC OKI bertajuk “Karenamu”. Video ini berkisah tentang catatan dan apresiasi siswa terhadap guru-gurunya. Sosok yang telah memaksa mereka untuk membuka mata untuk melihat dan memahami dunia. Di tengah beragam keterbatasannya, mereka tetap bersabar dan tersenyum, untuk mengantarkan para siswanya menggapai kesuksesan.

“Ini bukan tentang ribuan keringat yang terjatuh. Bukan juga jumlah uang yang ia terima. Dia yang memaksa membuka mata agar kami terbangun. Tanpa keluh kesah, ia lakukan setiap waktu. Berawal dari senyuman memulai harinya. Ia sang malaikat. Tetap tersenyum dalam lelah, tetap tertawa dalam penat. Kata sabar selalu menemaninya. Tak pernah ia mengeluh melayani kami, mengajari kami demi kesuksesan kami. Ya, terus berulang setiap harinya. Tapi semua itu terbayar dengan sebuah rasa, rasa kebanggaan. Ya, kesuksesan kami membayar semuanya. Ini bukan tentang lelah yang teramat sangat, tapi tentang hasil akhir dari semuanya,”demikian petikan pesan yang disampaikan dalam video berdurasi 1 menit ini.

Sebagai juara favorit, MAN IC OKI berhak mendapat piala, piagam penghargaan, dan sejumlah uang pembinaan. “Pembuatan video ini melalui proses persiapan berbagi tugas, menulis naskah, mendiskusikan bahan-bahan dan alat, teknik merekam, editing dan finishing,” ujarnya saat mewakili MAN IC OKI menghadiri malam anugerah di Surabaya.

Kepala MAN IC OKI Kiagus Faisal menyambut baik prestasi ini. Menurutnya, keikutsertaan MAN IC OKI pada lomba ini dalam rangka melatih serta meningkatkan kreatifitas dan minat bakat siswa, utamanya dalam bidang seni dan teknologi.

“MAN IC OKI terus mendorong peserta didiknya untuk selalu aktif dan kreatif. Saya merasa bangga dengan prestasi peserta didik yang telah membawa nama harum MAN IC OKI. Semoga ke depannya bisa memacu anak-anak yang lain untuk berprestasi,” harapnya.

Hadir mewakili Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Sumatera Selatan, Kabid Pendidikan Madrasah, Khusrin, mengatakan, prestasi MAN IC OKI harus menjadi cambuk dan entry point bagi kepala dan guru madrasah untuk selalu meningkatkan komitmen, integritas, kinerja yang bagus dan prestasi yang tinggi. Hal ini penting agar semangat kerja, kreativitas, dedikasi dan komitmen serta kinerja para guru terus terpelihara dan meningkat dari waktu ke waktu.

“Kepada adik-adik dan bapak ibu guru, saya berpesan untuk terus berprestasi dan tetap semangat agar menanamkan terus jiwa berprestasi dan prestasi. Selain itu, agar para guru dan kepala madrasah agar mendorong dan mendukung anak-anak agar terus berprestasi. Tidak ada yang tidak mungkin, kalau ada kemauan dari kita semua. Saya mohon dukungan semua pihak untuk mendorong kemajuan madrasah,” tutupnya. (Tito)