upacara hab

Kayuagung, Inmas.

Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) sukses menjadi tuan rumah acara puncak peringatan Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia (RI) yang ke-73 tahun 2018 tingkat Kabupaten OKI. Acara puncak berupa Upacara peringatan HAB Kemenag ini digelar dihalaman madrasah itu bertindak sebagai pembina Upacara Kepala Kantor Kemenag Kab. OKI Drs. H. A. Syukri, MM., Kamis (3/1).

Pada kesempatan itu dihadiri Bupati OKI yang diwakili oleh Asisten 1 H. Antonius Leonardo, M.Si, Kepala MI, MTs, MA dan Ponpes OKI, Kepala KUA, Tokoh Agama Tokoh Masyarakat, dengan peserta Upacara terdiri dari para Aparatur Sipil Negara dilingkungan Kemenag Kabupaten OKI, para Pelajar baik MAN Insan Cendekia serta Guru-guru baik dari madrasah negeri maupun swasta.

Dalam amanatnya Syukri membacakan sambutan tertulis Menteri Agama, mengatakan Seluruh ASN dan jajaran Kementerian Agama haruslah menjadi perangkai, penjalin, dan perajut tenun kebangsaan kita yang bhinneka. Setiap kita haruslah menjadi teladan dalam kesederhanaan, 4 kejujuran, dan keikhlasan memberikan amal bakti bagi segenap warga negara tercinta. Dalam tugas sehari-hari, setiap aparatur Kementerian Agama harus mampu menunjukkan nilai kinerja yang baik, kepemimpinan yang amanah, dan memberi kemudahan kepada masyarakat luas, untuk memperoleh akses pelayanan keagamaan secara akuntabel dan berkualitas.

“Toleransi beragama dapat dimaknai sebagai sikap "menghormati dan menghargai atas perbedaan yang ada pada pihak lain", Kata Menag dalam sambutan tertulisnya.

Selain itu Syukri mengajak semua ASN tegakkan lima budaya kemenag.

“Seiring dengan itu, saya mengajak kita semua untuk senantiasa menegakkan lima nilai budaya kerja Kementerian Agama, yaitu Integritas, Profesionalitas, Inovasi, Tanggung Jawab, dan Keteladanan. Setiap pejabat dan birokrat Kementerian Agama harus memerankan diri sebagai pelayan masyarakat dan tempat berlabuhnya kepercayaan umat. Jangan sekali-kali mengkhianati kepercayaan umat dengan perbuatan korupsi dan berbagai perbuatan tak terpuji. Kita harus ingat bahwa anjuran agar menjaga integritas tidak akan banyak pengaruhnya bila kita sendiri tidak terlebih dahulu mempraktikkan dan membuktikannya”, Ujar Syukri dalam membacakan sambutan Menag.

Sementara itu usai mengikuti upacara syukri mengajak seluruh peserta upacara untuk mengikuti resepsi HAB ke 73 Kemenag RI di Aula MAN Insan Cendekia OKI. (Tito)