lab snpdb

Kayuagung, Inmas.

Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) yang
merupakan madrasah unggulan nasional di bawah naungan Kementerian Agama RI kembali membuka Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) untuk Tahun Pelajaran 2019/2020.

Ini merupakan tahun kelima MAN IC OKI menerima peserta didik baru yang dibatasi dengan kuota hanya menerima sebanyak 96 orang peserta didik saja yang tentunya harus melalui seleksi yang cukup ketat.

Menurut Kepala MAN IC OKI, H. Kiagus Faisal, S.Ag., M.Pd.I penerimaan atau pendaftaran peserta didik baru ini akan dimulai pada 18 Februari s.d 15 Maret 2019 yang dilakukan serentak secara nasional melalui pendaftaran online di www.insancendekia-oki.sch.id.

Kita akan memulai pembukaan pendaftaran secara online di pertengahan Februari ini dan akan menerima peserta didik baru hanya sebanyak 96 orang, ungkap Faisal.

Dijelaskannya, untuk persyaratan meliputi Tercatat sebagai peserta didik kelas IX MTs/SMP pada tahun pelajaran 2018/2019, Berusia maksimal 17 tahun pada 1 Juli 2019, Mendapatkan rekomendasi sebagai peserta didik terbaik dari Kepala Madrasah/Sekolah asal sesuai dengan kuota pendaftar per madrasah / sekolah yang ditetapkan, Mendapatkan Surat Keterangan/ Rekomendasi dari Kepala Madrasah/ Sekolah asal sebagai peserta didik berprestasi (OSN, KSM Nasional, OPSI, MYRES) -> (Khusus Jalur Prestasi), Memiliki NISN yang terdaftar pada EMIS (bagi MTs) atau DAPODIK (bagi SMP), Mengunggah (upload) berkas persyaratan: a) pas foto berwarna terbaru ukuran 3 cm x 4 cm (Max 300KB), b) fotokopi rapor yang telah dilegalisasi, c) fotokopi Akta Kelahiran/Kenal Lahir, d) Surat Keterangan Tahfidz Al Quran dari madrasah/sekolah dalam bentuk JPG/PNG (mak. 300 kb) bagi yang memiliki, e) fotokopi Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) atau kartu Program Keluarga Harapan (PKH) atau Kartu Indonesia Pintar (KIP) (bagi pendaftar yang mengajukan keringanan biaya personal pendidikan).

Apabila calon siswa mengalami kesulitan mendaftar online, calon siswa bisa langsung membawa berkasnya ke tim Sekretariatan MAN IC OKI.

Faisal juga menjelaskan MAN IC OKI mempunyai sejumlah program unggulan diantaranya IPTEK dan Sains (Olimpiade), wajib penerapan bahasa asing (Arab dan English Day). Untuk program unggulan keasramaan atau IMTAK meliputi klinik mata pelajaran, muhadhoroh, tahfidz, pembelajaran kitab kuning (tafsir, hadis, fiqih), tahsin qiraah. MAN IC OKI mewajibkan siswanya untuk berasrama atau boading school.

Ada juga Program Ekstrakuler atau Pengembangan diri seperti English Club, Arabic Club, Korea Club, Band, Robotik, ICT Club, KTI Club, Hadroh, Marawis, Pramuka, Taekwondo, dan masih banyak lainnya. Program unggulan MAN IC OKI sudah memiliki banyak prestasi diantaranya meraih 1 medali Perak dan 3 medali perunggu bidang Kimia, Ekonomi dan Geografi pada Kompetisi Sains Madrasah Tingkat Nasional Tahun 2018, Peraih Medali emas pada Madrasah Young Reasearcher Supercamp (MYRES) Tingat Nasional Tahun 2018, Juara 1 Robotik Madrasah Tingkat Nasional Tahun 2018, Juara 1 Citizen Journalism Fisco Tingkat Nasional Tahun 2018 dan masih banyak lagi.

Lebih dari 90 % lulusan MAN IC OKI diterima di terima diperguruan tinggi favorit baik didalam dan di luar negeri. Kelulusan angkatan pertama MAN IC OKI pada tahun pelajaran 2017/2018 telah mengantarkan 3 siswa/i melanjutkan studi di Turki, Kairo dan Malaysia. Sedangkan sebagaian besar yang lain mampu ke Univ. Indonesia, Institut Teknolgi Bandung, Univ. Gadja Mada, Institut Pertanian Bogor dan Univ. Unggulan di dalam negeri lainnya. (Tito)