ksm kab

Kayuagung, Inmas.

Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) tampil dominan dalam ajang Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Kabupaten OKI Tahun 2019 yang dilaksanakan Sabtu (20/7) bertempat di Kampus MAN IC OKI. Kegiatan KSM ini diikuti oleh 236 peserta dari MI, MTs dan MA Se Kabupaten OKI.

Kepala MAN IC OKI H. Kiagus Faisal, S.Ag., M.Pd.I yang juga selaku Ketua Panitia KSM Tingkat Kabupaten OKI menjelaskan bahwa, ada 11 Mata Pelajaran yang dikompetisikan, yakni Tingkat MI Matematika Terintegrasi dan Sains IPA Terintegrasi, Tingkat MTs IPA Terpadu Terintegrasi, IPS Terpadu Terintegrasi dan Matematika Terintegrasi, Kemudian Tingkat MA Biologi Terintegrasi, Ekonomi Terintegrasi, Fisika Terintegrasi, Geografi Terintegrasi, Kimia Terintegrasi dan Matematika Terintegrasi.

Kegiatan KSM ini dibuka oleh Kakan. Kemenag Kab. OKI yang diwakili oleh Kasubag. TU Kemenag OKI H. Muazni, S.Ag, M.Pd.I, MM. Dalam sambutannya Muazni mengapresiasi para kepala madrasah, para pembimbing dan semua siswa yang berpartisipasi dalam kegiatan KSM ini.

“KSM adalah bukti bahwa madrasah bukan hanya tempat untuk mempelajari pelajaran-pelajaran agama saja. Dengan kompteisi ini kita tunjukkan di madrasah juga diperdalam materi tentang Matematika, IPA, IPS, Fisika, Kimia, Biologi, Ekonomi dan Geografi sehingga madrasah siap bersaing dengan sekolah umum lainnya,” jelas Muazni.

Faisal mengatakan bahwa hasil KSM Kab OKI ini menunjukkan siswa MAN IC OKI sangat dominan di 6 mata pelajaran yang dilombakan.

“Alhamdulillah Tahun 2019 ini, MAN IC OKI mendominasi ajang KSM Kab. OKI. Mohon doanya saja di KSM Tingkat Provinsi Sumsel yang akan dilaksanakan pada 15 Agustus 2019 mendatang, MAN IC yang membawa nama Kabupaten OKI akan kembali meraih Juara Umum KSM Provinsi. Aamiin”, Harap Faisal. (Tito)