Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Kabupaten Ogan Komering Ilir (MAN IC OKI) akan membuka Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) secara online. MAN IC OKI yang beralamatkan Jalan Lintas Timur Desa Seriguna Kec. Teluk Galam Kabupaten OKI ini merupakan Madrasah unggulan nasional di bawah naungan Kementerian Agama RI.

Madrasah yang didirikan oleh BJ. Habibie ini bertipologi Akademik, Riset , Sains, Teknologi, Penguatan Bahasa Asing serta Penguatan Karakter. MAN IC OKI merupakan madrasah unggulan nasional di Indonesia yang bertujuan mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas tinggi dalam IMTAQ serta menguasai IPTEK yang dapat mengaktualisasikan ke masyarakat.

MAN IC OKI ini telah membuka Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) Tahun Pelajaran 2020/2021 secara online. Kuota peserta didik baru yang disediakan adalah 96 siswa baru dengan mendaftar secara online di www.insancendekia-oki.sch.id mulai 13 Januari – 4 Februari 2020. SNPDB ini membuka dua jalur yaitu jalur prestasi dan jalur tes.

Menurut keterangan Kepala MAN IC OKI H. Kiagus Faisal, S.Ag., M.Pd.I, SNPDB ini serentak secara nasional melalui pendaftaran online di pertengahan bulan Januari nanti. “ kita akan memulai pembukaan SNPDB dipertengahan bulan januari melalui website kami dan akan menerima peserta didik baru sebanyak 96 siswa,” ungkap Faisal.

Persyaratan online untuk SNPDB meliputi surat rekomendasi peserta didik terbaik dari kepala Madrasah/Sekolah, surat rekomendasi dari kepala Madrasah/Sekolah asal sebagai peserta didik berprestasi (OSN, KSM Nasional, OPSI, MYRES) serta penghargaan dari luar negeri yang merupakan lanjutan dari OSN seperti IMO, IBO, IphO, IchO, IOI, IgeO, IESO, IAO, IOAA, IEO, IEYI, dan ASPC baik mendapatkan emas, perak, perunggu (Khusus Jalur Prestasi). Memiliki NISN, mengupload Pas Foto berwarna terbaru ukuran 3 cm x 4 cm (max 300 KB). Foto Copy Raport yang telah dilegalisir semester 3,4 dan 5. Foto Copy Akte Kelahiran, Foto Copy Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) atau Kartu Program Keluarga Harapan (PKH) atau Kartu Indonesia Pintar (KIP) (bagi pendaftar yang mengajukan beasiswa pendidikan).

Apabila calon siswa mengalami kesulitan mendaftar online, calon siswa bisa langsung membawa berkasnya ke tim sekretariatan MAN IC OKI atau bisa menghubungi ke nomor 082281520500. Faisal juga menjelaskan MAN IC OKI mempunyai sejumlah program unggulan diantaranya IPTEK dan Sains (Olimpiade), wajib penerapan bahasa asing (Arab dan English Day). Untuk program unggulan keasramaan atau IMTAK meliputi klinik mata pelajaran, muhadhoroh, tahfiz, pembelajaran kitab kuning (tafsir, hadis, fiqih). MAN IC OKI mewajibkan siswanya untuk tinggal di asrama atau boarding school.

Ada juga program Ektrakurikuler atau pengembangan diri seperti English Club, Arabic Club, Korea Club, Band, ICT Club, KTI, Hadroh, Pramuka, Taekwondo, Robotik dan masih banyak lainnya. (Tito)