107183309 903433006832754 2261002241764830003 o ok ok

Kayuagung, Inmas.

Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) menggelar penyambutan peserta didik baru yang diselenggarakan di kampus setempat, Sabtu (11/07). Beda dengan tahun-tahun sebelumnya, penyambutan kali ini dilakukan secara virtual dengan berinteraksi langsung melalui aplikasi Zoom bersama 96 peserta didik baru dan di damping orang tua/wali.

Kepala MAN IC OKI H. Kiagus Faisal, S.Ag., M.Pd.I menjelaskan penyambutan ini dilakukan bagi para peserta didik yang telah diterima dari seleksi nasional peserta didik baru (SNPDB). Dari 96 peserta didik baru yang diterima, mereka berasal dari 10 provinsi di Indonesia yakni Sumatera Selatan, Jambi, Lampung, DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Kep. Babel, Sumatera Barat, Sumatera Utara dan Bengkulu.

“Dalam situsi pandemi seperti ini tidak mungkin menggelar acara secara tatap muka langsung. Oleh karena itu penyambutan peserta didik baru ini digelar secara virtual sehingga bisa diikuti seluruh peserta didik di daerahnya masing-masing,” jelas Faisal.

Kegiatan virtual ini juga dijadikan pihak kampus untuk menyampaikan program-program unggulan yang akan dilakukan.

Faisal menegaskan dunia belakangan banyak diperbincangkan teknologi digital, terlebih saat masa pandemi seperti saat ini. Ketergantungan publik akan teknologi sangat dibutuhkan untuk mengikuti perkembanan zaman yang terus bergerak maju.

“Sains dan Teknologi sangat dibutuhkan saat ini apalagi segala sesuatu kini dilakukan secara online. Alhamdulillah pembelajaran di MAN IC OKI sudah memenuhi standar untuk dilaksanakan pembelajaran online atau dalam jarinngan (daring),” tambahnya.

Dalam kesempatan ini Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Madrasah (Penmad) Kanwil Kemenag Sumsel Drs. H. Khusrin, MM yang di wakili oleh Kasi. Kurikulum dan Kesiswaan Penmad Kanwil Kemenag Sumsel Dra. Hj. Tati, M.Pd memberikan motivasi pada anak-anak untuk mandiri dan bersemangat dalam belajar.

“Kalian semua saat ini sudah dewasa, jadi harus lebih mandiri berbeda saat masih duduk di bangku SMP/MTs dulu,” kata Tati.

Tati juga menjelaskan, jika sudah tidak ada wabah dan kegiatan belajar mengajar berlangsung di madrasah nantinya belajar bukan hanya di ruang kelas namun juga di luar kelas karena MAN IC OKI mempunyai banyak fasilitas untuk menunjang kreatifitas.

Tati berharap pandemi covid-19 segera berakhir dan para peserta didik bisa belajar di madrasah seperti masa sebelum pandemic.

“Selamat datang, selamat belajar, kita luruskan niat dalam menimba ilmu, ikhlas untuk mencari Ridho Allah SWT,” pungkas Tati. (Tito)