edit

Kayuagung, Inmas.

Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) akan mewakili Kabupaten OKI ke tingkat provinsi pada ajang Kompetisi Sains Nasional (KSN). Hal ini diketahui setelah pada tanggal  17 Juni 2021, Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi mengumumkan hasil Kompetisi Sains Nasional Tingkat Kabupaten/Kota (KSN-K) Jenjang Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA) Tahun 2021.

MAN IC OKI berhasil meloloskan 21 dari 27 anggota tim kompetisinya ke tingkat provinsi setelah mendominasi peringkat terbaik pada 9 bidang mata pelajaran yang dilombakan. Masing-masing pada bidang Matematika 2 siswa, Fisika 3 siswa, Kimia 2 siswa, Biologi 3 siswa, Astronomi 1 siswa, Informatika 2 siswa, Ekonomi 2 siswa, Geografi 3 siswa, dan bidang Kebumian 3 siswa.

Menanggapi hasil ini, Kepala MAN IC OKI, H. Kiagus Faisal, S.Ag., M.Pd.I menyampaikan selamat kepada tim KSN-K dibawah kepemimpinannya itu.

“Madrasah menyampaikan selamat pada tim KSN-K atas hasil yang diperoleh sejauh ini. MAN IC OKI bertekad menyumbangkan lebih banyak medali untuk Sumatera Selatan di jenjang berikutnya. Insya Allah dengan materi siswa yang lolos ini target tersebut dapat tercapai,” Ujar Faisal, Sabtu (19/06).

Faisal juga menyampaikan, untuk tahap selanjutnya, tim KSN-K MAN IC OKI yang akan mewakili OKI telah mempersiapkan langkah dan strategi yang menurutnya sudah biasa dilakukan menjelang pelaksanaan setiap event yang diikuti.

“Alhamdulillah tim sudah memberikan yang terbaik di level kabupaten. Selanjutnya kami akan persiapkan mereka untuk tingkat provinsi. Meski masih di tengah pandemi Covid, madrasah akan melakukan pendampingan intensif dengan kolaborasi dan inovasi pembimbingan,” Jelas Faisal.

Berikut hasil lengkap tim MAN IC OKI yang lolos ke KSN Tingkat Provinsi (KSN-P) Tahun 2021:

1. Matematika: M. Althaf Alfarisi dan Muhammad Radja Adzka;

2. Fisika: Aizar Hafizh Soejadi, Muhammad hafidz dan M. Gaka Revalino;

3. Kimia: M. Ziyad Rasyid dan Nastasya Fadhilah;

4. Biologi: Amir Zacky M.A, Ramadhan Nur K. dan M. Rizqi Aulia;

5. Ekonomi: M. Taufiq Ramadhan dan M. Rafian Muzhaffar;

6. Geografi: Amrina Husnun F, Ade Agung Surya K, dan Ismail Hidayatullah;

7. Kebumian: Rhendy M. Salim, Salsabila Akifah dan Falia Nur Alifa;

8. Astronomi: Allyamoga Afklara; dan

9. Informatika: Faris Abulkhoir dan Keanu Fortuna T.