iabo ok edit

Kayuagung, Inmas

Siswa Indonesia kembali membuktikan, pandemi global Covid-19 tidak menghentikan semangat mereka untuk meraih prestasi terbaik hingga ke kancah internasional.

Hal ini dibuktikan siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Muhammad Rizqi Aulia yang lolos mewakili Indonesia ke babak final di ajang International Applied Biology Olympiad (IABO) Tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Indonesia Scientific Society (ISS).

Kompetisi ini dilaksanakan secara online pada 19 Juni 2021 kemarin yang diikuti oleh 160 peserta dari 21 negara, dan tersisa 10 negara di babak final ini diantaranya Armenia, India, Indonesia Khazakhstan, Nepal, Nigeria, Peru, Philippines, Turkey dan UAE.

Rizqi sapaan akrab mengatakan bahwa dirinya bisa lolos ketahap final ini setelah membuat Scientific Paper pada babak semifinal Rabu (23/06) lalu.

“Saya kemarin telah menyelesaikan Scientific Paper di babak semi final dengan Judul Insuline Hormone : The Glucose Controller”,Ucap Rizqi.

Rizqi mengaku tidak menyangka bisa mewakili Indonesia di IABO 2021. Kini dia tengah focus mempersiapkan diri untuk mengikuti kompetisi tersebut.

“Perjuangan belum berakhir, masih banyak latihan untuk nanti ke tingkat Internasional agar dapat memperoleh hasil yang terbaik nantinya,” tutur Rizqi.

Kepala MAN IC OKI H. Kiagus Faisal, S.Ag., M.Pd.I bersyukur atas raihan peserta didiknya tersebut.

“Syukur Alhamdulillah, ditengah pandemic Covid-19 ini, siswa kita dapat memberikat kabar baik mengenai ajang lomba internasional di bidang biologi,” Ujar Faisal.

Menurutnya, Rizqi di madrasah dikenal memiliki keunggulan akademik, khususnya bidang biologi.

“Banyak prestasi yang sudah diraih ananda Rizqi ini salah satunya kemarin sudah lolos di Kompetisi Sains Nasional (KSN) Tingkat Kabupaten/Kota di bidang Biologi melaju ke Tingkat Provinsi”, Jelas Faisal.(Tito)