.:: SELAMAT DATANG DI SITUS RESMI MAN INSAN CENDEKIA OKI ::.

 

noname

Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) gelar upacara bendera memperingati Hari Guru Nasional (HGN) Tahun 2021. Peringatan Hari Guru Nasional diikuti oleh seluruh Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) dan Peserta didik Kelas X, XI dan XII MAN IC OKI. Upacara bendera digelar di lapangan upacara MAN IC OKI, Kamis (25/10/2021).

Kepala MAN IC OKI H. Kiagus Faisal, S.Ag., M.Pd.I yang bertindak sebagai pembina upacara membacakan sambutan dari Menteri Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan tema “Apresiasi Perjuangan Guru di Masa Pandemi”.

Guru di seluruh Indonesia menangis melihat murid mereka semakin hari semakin bosan, kesepian, dan kehilangan disiplin. Tidak hanya tekanan psikologis karena Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), banyak guru mengalami tekanan ekonomi untuk memperjuangkan keluarga mereka agar bisa “makan”. Sangat wajar jika dalam situasi ini banyak guru yang terdemotivasi. Tapi ternyata ada fenomena yang tidak terkira. Saat saya menginap di rumah guru honorer di Lombok Tengah, saat saya menginap di rumah Guru Penggerak di Yogyakarta, saat saya menginap bersama santri di pesantren di Jawa Timur, saya sama sekali tidak mendengar kata “putus asa”, kata Nadiem Anwar Makarim dalam sambutannya.

Dalam sambutannya, Nadiem mengulas mengenai duka guru yang melihat siswa-siswinya tertekan karena kurikulum yang disederhanakan untuk PJJ atau pembelajaran jarak jauh.

Tak hanya itu, mantan bos Gojek itu juga mengisahkan sewaktu dirinya menginap di rumah guru honorer di Lombok Tengah, rumah Guru Penggerak di Yogyakarta, dan pesantren di Jawa Timur.

“Saat sarapan dengan mereka, saya mendengarkan terobosan-terobosan yang mereka inginkan di sekolah. Wajah mereka terlihat semangat membahas platform teknologi yang cocok dan tidak cocok untuk mereka. Dengan penuh percaya diri, mereka memuji dan mengkritik kebijakan dengan hati nurani mereka,” kata Nadiem.

Pada akhir pidatonya, Nadiem Makarim menegaskan dia tidak akan menyerah dalam memperjuangkan merdeka belajar untuk kehidupan dan masa depa guru Indonesia yang lebih baik.

Faisal mengatakan dengan tantangan dunia saat ini MAN IC OKI harus bekerja lebih keras dan konsisten melakukan kolaborasi yang efektif secara internal dan eksternal serta sigap melihat dinamika perubahan lingkungan dan zaman.

Mari kita terus berprestasi, kita satukan energi, bergandengan tangan demi kemajuan, khususnya kemajuan dalam bidang pendidikan Indonesia,” kata Faisal.

Setelah menggelar Upacara HGN 2021, MAN IC OKI mengumumkan 9 Kategori Guru Berprestasi. Diantaranya Afryansyah, S.Pd sebagai Guru Penggerak Literasi, Neng Sa’adah, S.Pd Sebagai Guru Inovasi/Kreatif, Saidina, S.Pd.I sebagai Guru Penggerak Moderasi Beragama, M. Zainuddin, S.Si sebagai Guru Inspiratif, Juni Irawan, S.Sos.I sebagai Guru Berdedikasi, Carni, S.Si., M.Pd sebagai Guru Terdisiplin, Devy Ferini, S.Pd sebagai Guru Best Performance, Argita Muryani, S.Pd. Si sebagai Guru Terfavorit dan Cipto Kurniawan, S.Kom sebagai Guru Transformasi Digital. (Tito)