Kayuagung, Humas—Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Ogan Komering Ilir membuka pendaftaran peserta didik baru Tahun Pelajaran 2022/2023. Pendaftaran dilakukan melalui Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) secara online pada website www.insancendekia-oki.sch.id mulai 10 Januari 2022.

Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) berpedoman pada Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 7113 Tahun 2021TentangPetunjuk Teknis KhususSeleksi Nasional Peserta Didik BaruMadrasah Aliyah Negeri InsanCendekia,Madrasah Aliyah Negeri Program Keagamaan dan Madrasah Aliyah Kejuruan Negeri Tahun Pelajaran 2022/2023.

SNPDB MAN Insan Cendekia TP. 2022/2023 memiliki dua jalur, yaiitu jalur prestasi dan jalur tes. Adapun persyaratan umum bagi calon peserta, yaitu peserta harus menyiapkan berkas-berkas berupa: (1) akte kelahiran, (2) surat rekomendasi siswa berprestasi dari kepala SMP/MTs, (3) pas foto berwarna, dan (4) foto kopi rapor semester 3, 4, dan 5 yang telah dilegalisir. Pendaftar jalur tes akan mengikuti Computer Based Test (CBT) berupa: (1) tes potensi akaemik (TPA) dengan mata uji Matematika, Sains, PAI, dan bahasa asing dan (2) tes potensi belajar (TPB) berupa psikotest. Sementara itu, jalur prestasi dapat diikuti oleh peserta peraih medali emas, perak, dan perunggu dalam ajang KSN, KSM, KoPSI, LKIR, NYIA, dan Myres, serta ajang internasional berjenjang selanjutnya.

Kepala MAN IC OKI, H. Kiagus Faisal, S.Ag., M.Pd.I. menyampaikan bahwa SNPDB ini terbuka untuk seluruh peserta didik tingkat SLTP (SMP/MTs) bagi negeri maupun swasta dari seluruh wilayah di Indonesia.

“MAN Insan Cendekia OKI sebagai madrasah/sekolah terbaik pertama di Sumsel berdasarkan nilai rerata LTMPT 2020 dan 2021 mengundang dan memberi kesempatan emas bagi peserta didik kelas IX terbaik di sekolah/madrasahnya. Ayo, segera siapkan diri Ananda untuk mengikuti SNPDB MAN IC OKI”, ajak Faisal.

Calon peserta SNPDB dapat memilih maksimal dua MAN IC dengan ketentuan wajib memilih salah satunya adalah MAN IC yang ada di provinsi asal peserta. Nantinya, proses penetapan peserta lolos berdasarkan total nilai peserta yang disesuaikan dengan passing grade MAN IC pilihan 1 atau 2 dengan sistem pemeringkatan.

Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Sumsel, Dr. H. Muhammad Ali, S.Ag., M.Pd.I., mengajak kepada siswa/siswi terbaik di Sumsel untuk mendaftar dan ikut seleksi SNPDB ini.

“Saya mengajak Ananda semua di Sumsel, baik pelajar MTs Negeri/Swasta dan seluruh siswa SMP di Sumsel khususnya dan di Indonesia umumnya, untuk mengikuti Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) MAN Insan Cendekia. Kita pilih MAN IC kebanggaan kita di Sumsel, yaitu MAN IC OKI. Ikuti secara berintegritas dan semangat.”, ajak Kabid Penmad.

MAN Insan Cendekia OKI memberikan kuota peserta didik TP. 2022/2023 sebanyak 120 siswa. Informasi lebih lanjut terkait dengan pendaftaran MAN Insan Cendekia OKI dapat langsung melalui kontak person: M. Mufarikhin (085226634990), Afryansyah (082281520500), atau Cipto Kurniwan (082179591700).

SNPDB dilakukan secara integritas, integrasi, dan terpusat. SNPDB MAN IC OKI dapat diakses pada website www.insancendekia-oki.sch.id