.:: SELAMAT DATANG DI SITUS RESMI MAN INSAN CENDEKIA OKI ::.

 

1 H

Kayuagung, Humas--
MAN Insan Cendekia OKI menggelar Religious Seminar dan Tausiyah Agama dalam rangka memperingati tahun baru Islam 1444 H. Kegiatan yang digelar di Auditorium (30/7) ini, diisi oleh Ustaz Mugiono, S.Ag. M.Hum. sebagai keynote speaker dan H. Kiagus Faisal sebagai pemateri seminar dan sambutan Kepala MAN Insan Cendekia OKI.

Dalam sambutan sekaligus materinya, H. Kiagus Faisal menyampaikan pentingnya kita memperingati serta memaknai tahun baru Islam 1444 H ini.

"Tahun baru Islam harus kita peringati sebagai momentum introspeksi diri selama satu tahun belakang dan tahun depan yang insyaallah kita lalui. Maka, kita harus tingkatkan akhlak, karakter, dan tentunya prestasi sebagai peserta didik", seru Faisal.

Beliau menekankan kepada akhlakul karimah. Menurutnya, peserta didik yang bermadrasah adalah orang yang beruntung. Ia mengambil contoh remaja yang ada di luar, banyak yang salah jalan, mengikuti trand, nekat menerobos aturan demi konten dan viral. Maka, ketika remaja mengenyam pendidikan di madrasah apalagi berasrama, insyaallah peserta didik terjaga.

"Maka dengan kegiatan (Religious Seminar) ini, selain kita memperingatinya, kita juga harus memaknainya dengan baik, kita harus kuatkan akhlakul karimah. Ada guru tidak ada guru, ada yang lihat maupun tidak ada yang lihat, kita harus punya akhlak yang sama, akhlakul karimah tanpa paksaan", tambah Faisal.

Dalam kegiatan ini juga, beliau mengajak jemaah bersholawat "tibbil qulub" seraya berdoa untuk pulihnya dunia pascapandemi.

Acara selanjutnya diisi oleh Keynote Speaker, Ustzah Mugiono. Beliau dalam ceramahnya menyampaikan tiga hal penting, yaitu: Maknai tahun baru Islam sebagai challenge, sucikan diri, dan berdoa di akhir dan awal tahun.

"Tahun baru Islam ini sebagai challenge bagi kita semua. Challenge untuk memperingati sekaligus memeriahkannya. Jangan keliru, malah tahun baru Islam yang sepi. Challenge kedua adalah bagaimana kita harus lebih baik di tahun yang akan datang, 1444 H", papar Ustaz Mugiono.

Beliau juga mengajak jamaah untuk menyucikan pikiran. Karena dengan hati yang jernih kita akan mencapai kesuksesan. Dengan hati yang suci, kita haruslah berdoa yang baik-baik agar tahun baru ini kita kembali refresh untuk semangat beribadah dan berkarya. (Af)