.:: SELAMAT DATANG DI SITUS RESMI MAN INSAN CENDEKIA OKI ::.

 

DSC08369

Kayuagung, Humas—Kegiatan pendidikan berbasis boarding school di MAN IC OKI tidak menyurutkan produktivitas menulis guru. Tulisan ilmiah Guru Bahasa Indonesia kelas XII, Afryansyah bahkan telah pasti diterbitkan dua jurnal ilmiah nasional, yaitu Jurnal Ilmiah Al-Tazkiyyah dan Jurnal Ilmiah Cendekia.

Artikel Ilmiah dengan judul Religious Moderation Values Internalization Through Literature telah di-submit secara online melalui OJS (Open Journal System) Al-Tazkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, Terakreditasi SINTA 3, Universitas Islam Negeri Raden Intan, Lampung (http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/tadzkiyyah). Penulis telah menerima LoA untuk diterbitkan pada Volume 13 Edisi II Tahun 2022 dengan revisi hasil dari reviewer.

Sementara itu, artikel kedua berjudul Aplikasi Quiziz Sebagai Media Try Out Tes Pemahaman Bacaan dan Menulis (PBM) Bahasa Indonesia pada UTBK SBMPTN telah diterima oleh tim redaksi Jurnal Ilmiah Cendekia, MAN Insan Cendekia Serpong. Artikel ini juga telah diterima dengan revisi dari reviewer dan akan diterbitkan pada Volume 8, Nomor 1, Juni 2022.

Penulis, Afryansyah mengatakan bahwa sebenarnya ada satu lagi artikel ilmiahnya yang sudah disubmit bulan Juli 2022 pada OJS Jurnal Ilmiah Logat, Terakreditasi SINTA 4, Universitas Sriwijaya.

“Ada satu lagi, judulnya Peranan Pola Pengasuhan Orang Tua Berprofesi Guru Madrasah Berasrama Terhadap Pemerolehan Bahasa (Kajian Psikolinguistik terhadap Anak 3 Tahun di MAN Insan Cendekia OKI). Tinggal menunggu review-nya saja, semoga bisa terbit di November 2022 ini.” Tutur Afryansyah.

Menerima informasi ini, Kepala MAN Insan Cendekia OKI, H. Kiagus Faisal menyampaikan apresiasinya. Ia mengatakan bahwa guru MAN IC OKI harus mampu mengaktualisasikan dirinya dengan salah satunya melalui meneliti.

“Guru MAN IC OKI harus produktif, selain wajib membimbing penyusunan KTI bagi peserta didik, gurunya sendiri wajib menyusun PTK atau penelitian lainnya.” Ungkap Faisal.

MAN IC OKI memiliki program khusus bagi peserta didik kelas XI untuk meneliti dan menyusun karya tulis ilmiah dan guru pun demikian, harus menyusun Penelitian Tindakan Kelas. (Af)