.:: SELAMAT DATANG DI SITUS RESMI MAN INSAN CENDEKIA OKI ::.

 

UIN KUPI

Palembang, Humas.
Kepala MAN Insan Cendekia OKI, H. Kiagus Faisal, menjadi narasumber dalam Seminar Nasional Perempuan dan Perubahan Iklim Global, Konferensi Pusat Studi Gender dan Anak di Kampus UIN Raden Fatah Palembang (17/11). Beliau paparkan Best Practice Peran Madrasah dalam Perubahan Iklim di hadapan peserta konferensi: rektor, dosen, dan mahasiswa PTKIN se-Indonesia.

Seminar ini menjadi acara puncak salah satu rangkaian kegiatan Konferensi Pusat Studi Gender dan Anak (PSGA): Pra Konferensi Ulama Perempuan Indonesia (KUPI) Tahun 2022. Narasumber pertama, Rektor UIN Raden Fatah Palembang, Prof. Nyayu Khodijah. Kedua, Dosen UNY, Dr. Tien Aminatun. Ketiga, Kepala MAN IC OKI, H. Kiagus Faisal.

Dalam materi sekaligus membuka seminar, Prof. Nyayu Khodijah menyampaikan bahwa perempuan dan lembaga pendidikan Islam menjadi bagian penting dalam Perubahan Iklim Global.

"Maka kita berpikir, bagaimana lembaga pendidikan Islam hadir bersama membicarakan peran perempuan dan lembaga pendidikan Islam untuk berkomitmen menjaga lingkungan", papar Rektor UIN RF.

Kiagus Faisal lantas memaparkan paper-nya dengan judul Peran Madrasah dalam Pencegahan Efek Rumah Kaca dan Dampak Perubahan Iklim Global. Beliau memaparkan bahwa madrasah memiliki peran penting dalam menjaga lingkungan.

Peran tersebut melalui (1) pendidikan madrasah, yang meliputi: peran pendidikan Islam, peran pendidikan lingkungan di madrasah, dan peran pendidikan akhlak. (2) Melalui kegiatan madrasah, yang meliputi program Madrasah Sehat, Madrasah Adiwiyata, Pengelolaan Sampah, Reboisasi, Digitalisasi Madrasah, dan Program Riset Madrasah berbasis lingkungan.

MAN Insan Cendekia OKI menjadi contoh dalam praktik baik pengelolaan Madrasah sehat dan Madrasah ramah perempuan dan anak.

Setelah paparan makalah kepala MAN IC OKI tersebut, dilanjutkan kegiatan penutupan Konferensi Pusat Studi Gender dan Anak PTKIN se-Indonesia oleh Plt. Direktur PTKI, Dr. Syafei.

Dalam sambutannya, Pak Direktur memberikan metion khusus kepada Kepala MAN IC OKI. Beliau mengucapkan terima kasih atas berkenannya MAN IC OKI memberikan materi dan praktik baik pengelolaan Madrasah Sehat dan Madrasah Ramah Anak dan Perempuan.

Direktur juga meminta kepada semua rektor dan Peserta KPSGA untuk mendukung kegiatan ini dan implementasinya di PTKIN masing-masing. Termasuk rektor harus mengimplementasikan PMA Nomor 73 Tahun 2022 Tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual di Satuan Pendidikan pada Kementerian Agama. (Af).