.:: SELAMAT DATANG DI SITUS RESMI MAN INSAN CENDEKIA OKI ::.

 

AINUN

Kayuagung, Humas—Siswi MAN Insan Cendekia OKI, Ainun Nisa Hanifah, berhasil meraih medali perunggu Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) bidang fashion, Puspresnas, Kemdikbud tahun 2022. Karyanya, yaitu meginovasikan baju kodok “jadul” dengan memanfaatkan kain milova sisa menjadi baju overall dress yang kekinian dengan nama produk N.A.G by Yangvis.

N.A.G by Yangvis (singakatan nama keluarga: Nisa, Aniyf, Gani Syahyang dan Evis) merupakan inovasi dan kewirausahaan berjalan (on going) sejak 2020 yang Ainun kembangkan semasa pembelajaran di masa pandemi Covid-19. Setelah ia belajar tatap muka di MAN IC OKI, wirausahanya tetap berjalan bersama bisnis keluarganya.

“Waktu belajar daring, ada ide dan langsung (men)desain dan dijahit. Kebetulan orang tua saya punya konveksi, jadi sampai saat ini terus berjalan.” Jelas Ainun saat berbincang dengan kepala MAN IC OKI.

Kepala MAN Insan Cendekia OKI, H. Kiagus Faisal mengapresiasi karya siswi ini sekaligus mendorong inovasi dan kewirausahaan bagi peserta didiknya.

“Prestasi luar biasa. Bahkan, Ibu Menteri Agama, Eny Retno Yaqut kemarin (16/11) saat expo di UIN Raden Fatah Palembang, turut mengapresiasi karya Ainun ini. Maka, madrasah sangat mendorong siswa-siswinya untuk berinovasi”, tutur Faisal sambil memberikan selamat kepada Ainun.

MAN Insan Cendekia OKI sendiri berhasil meloloskan empat tim FIKSI sampai tahap final. Tim I: Rencana Usaha Bidang Kriya dengan Produk GRANEPO (Amania Putri Izzatuna dan Afifa Aprilia), Tim II: Usaha Berjalan Bidang FASHION dengan Produk N.A.G by Yangvis (Ainun Nisa Hanifah), Tim III: Rencana Usaha Bidang BOGA dengan Produk Wedang Ronde Warna Warni (Rohmawan Mujadah Wijayanta dan Ellaya Sausamaya), Tim IV: Bisnis Berjalan Bidang Boga dengan Produk OTTEI OKANE (Nurul Padilah Absuhalini dan Azahra Oktarizka).

Keempat tim tersebut masuk 100 besar finalis dari 6 bidang yang dilombakan. Adapun total peserta, yaitu sebanyak 1.533 (tim) rencana bisnis. Sesuai ketentuan dalam petunjuk teknis FIKSI jenjang SMA/MA Tahun 2022, 100 tim yang dinyatakan lolos diwajibkan melengkapi materi yang akan digunakan pada expo dan seleksi tingkat nasional.

Tahun 2021, MAN IC OKI juga berhasil meraih medali perak bidang Boga. Melanjutkan tren positif, pada tahun 2022 diwakili bidang fashion yang meraih medali perunggu (Af).